Scout Blog Competition 2012

Scout Blog Competition 2012

Monday, 22 October 2012

PENGARUH TEKNOLOGI TERHADAP PERKEMBANGAN PRAMUKA INDONESIA

                  Teknologi telah digunakan sejak zaman dahulu kala, mulai dari zaman prasejarah hingga sekarang.  Perkembangan dalam bidang teknologi pada saat ini telah membawa manfaat yang penting bagi kemajuan kehidupan manusia pada umumnya serta tak lain juga terhadap perkembangan Kepramukan pada khususnya disamping itu, ada pula dampak negatif yang ditimbulkan dari perkembangan teknologi tersebut.  Teknologi merupakan pendukung utama bagi terselenggaranya globalisasi  Kecepatan arus perkembangan teknologi yang dengan cepat membanjiri kita seolah-olah tidak memberikan kesempatan kepada kita untuk menyerapnya  dengan filter mental dan sikap kritis.
Dengan berlandaskan Tri Satya, Dasa Dharma serta norma-norma yang berlaku merupakan upaya  membendung kebebasan berteknologi yang negatif. Pramuka Indonesia juga memiliki kewajiban untuk ikut serta dalam memajukan teknologi berdasarkan bidang dan kemampuanya, yang berarti tidak menyia-nyiakan kesempatan dan kepercayaan yang  telah diberikan masyarakat seriring dengan kemajuan teknologi sekarang ini.
                 Dari latar belakang tadi, dapat dirumuskan bahwa “ Apakah dampak dari adanya teknologi bagi perkembangan Pramuka di Indonesia?” Teknologi telah dikenal manusia sejak jutaan tahun yang lalu karena dorongan untuk hidup yang lebih nyaman, lebih makmur  dan lebih sejahtera. (menurut Iskandar Alisyahbana (1980) Istilah teknologi berasal dari “techne” atau cara dan “logos” atau pengetahuan, jadi secara harfiah teknologi dapat diartikan pengetahuan tentang cara.  Menurut Jaques Ellul (1967), memberi arti teknologi sebagai “Keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia” Sedangkan Pengertian Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Kata "Pramuka" merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Rakyat Muda yang Suka Berkarya.
              Kemajuan teknologi adalah suatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan.
              Sebagai rakyat muda yang suka berkarya, memajukan teknologi merupakan hal mutlak yang harus ada dalam segi kehidupan di bidang Kepramukaan khususnya.



Ruang lingkup kajian yang dikembangkan dalam Pramuka Indonesia mencakup:
1.Pilar teknologi, yaitu aspek-aspek yang diproses untuk menghasilkan suatu produk teknologi yang digunakan sebagai bahan, energi dan informasi
2.Domain teknologi, yaitu suatu fokus terhadap kajian yang digunakan untuk pengembangan yang terdiri atas:
a.Teknologi dan masyarakat (berintikan teknologi untuk kehidupan sehari-hari, industri, profesi dan lingkungan hidup)
b.Produk teknologi dan sistemnya (berintikan bahan, energi dan sistem)
c.Perancangan dan pembuatan hasil karya (berintikan gambar dan perancangan, pembuatan dan uji ulang rancangan tersebut
3.Area teknologi, yaitu batas kawasan teknologi dalam pengembangan Pramuka, hal ini antara lain teknologi produksi, teknologi komunikasi, teknologi energi dan bioteknologi.
 RENCANA STRATEGIK DALAM RANGKA MENGHADAPI PENGARUH TEKNOLOGI
  
1.Pemutakhiran Program Kegiatan
2.Gudep yang mantap
3.Kegiatan Saka yang lebih teratur dan terarah
4.Kegiatan Temu Giat
5.Kegiatan Kepramukaan berskala nasional
6.Buku Kepramukaan dan Kewirausahaan
7.Menjunjung tinggi nilai – nilai budaya
8.Memandang teknologi dengan segala kemajuan dan perubahannya dalam arti yang positif
9.Menggunakan fasilitas kemajuan teknologi untuk hal yang baik dan positif
10.Sebagai orang tua wajib untuk memberikan pengawasan ekstra kepada anak, baik dalam penggunaan teknologi atau pergaulan sehari-hari. 
               Perkembangan teknologi merupakan suatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini. Perkembangan teknologi akan terus menerus berkembang karena manusia tidak pernah merasa pusa akan apa yang sudah ada sekarang. Khusus dalam bidang teknologi informasi masyarakat dan anggota Pramuka Indonesia sudah dapat menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi yang telah dihasilkan dalam perkembangan teknologi.
                Oleh karena itu untuk mencegah atau mengurangi akibat negatif teknologi, sudah selayaknya kita mematuhi peraturan yang ada dan sebagai anggota Pramuka Indonesia harus tetap berpegang teguh terhadap Kode Kehormatan, yaitu Tri Satya dan Dasa Dharma.

0 comments:

Post a Comment